BEGINILAH STRATEGI MANAJEMEN BFIEFING DAN MEETING EFEKTIF
Fungsi briefing dan meeting adalah
1. satu cara untuk pencapaian hasil kerja.
2. Sarana untuk menyampaikan ekspectasi anda dalam menjalankan
prinsip menginspeksi apa yg menjadi ekapektasi anda.
3. Melakukan follow up action atas komitmen tim.
Contohnya apabila ada program kerja yang sedang dijalankan fungsi meeting dan briefing ini...untuk mengetahui perkembangan demi perkembangannya agar sesuai target...dan apabila ada kesalahan atau kendala terdeteksi segera di awal....
Bagaimana membedakan meeting dan briefing..?
1. Meeting
a. Untuk hal bersifat strategis waktu parsial ( misalnya
mingguan..bulanan dan lain - lain)
b. Fokus pada prioritas utama yang akan dilakukan utk mencapai
hasil
c. Sarana menggali ide - ide dan solusi
d. Lama waktu bisa 30 - 60 menit atau lebih...
2. Kalau briefing
a. Untuk hal hal yang bersifat taktis harian
b. Mengarahkan staf pada fokus ti dakan yg terkait prioritas utama
c. Mengetahui kendala harian
d. Penyelesaian kendala di luar forum
e. Lama waktu 10 - 15 menit saja
Apabila ada kendala yang berat akan di bicarakan ...sebaiknya dilakukan
penyelesaiannya diluar briefing. Sekarang kita bahas Proses Briefing efektif
dulu yaa.. Briefing rersebut bertujuan memotivasi karyawan anda, membuat mereka
siap untuk hari itu dengan mengarahkan mereka kepada satu fokus , dan
memastikan mereka membuat rencana sendiri
PANDUAN BRIEFING YANG BAIK :
Pembukaan
1. Awali dengan statement..penyemangat contohnya..." Tim
Happy. working..terbaikkk.. terhebattt.. sang Juaraaaa.." sambil
diteriakan tangan dikepall
2. Berikan kalimat motivasi dan apresiasi kepada tim yg sukses
3. Berikan kesempatan kepada tim yg sukses..utk share
kesuksesannya....apabila tidak ada kita bisa ganti dengan succes story tokoh
dll
Agenda Briefing
Pimpinan Briefing menjelaskan kembali fokus
minggu ini. Staff menyampaikan agenda harian yang mengarah pada fokus mingguan
( contohnya target pencapaian harian..progress proposal atau progres program..kasus
kasus spesifik yang perlu diselesaikan segera.
Evaluasi
1. Cek bila ada kendala
2. Penanganan kendala dibahas diluar sesi
Informasi
1. Program khusus
2. Kebijakan baru
YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MEETING :
1. Jadwalkan meeting terlebih dahulu
2. Informasikan kepada staff minimal 3 hari sebelum meeting
3. Mandatory wajib hadir
4. Sebaiknya dilakukan seminggu sekali
5. Dilakukan saat sebelum memulai aktifitas atau setelah aktifitas
6. tugas anda adalah sebagai fasilitator bukan keynote speaker.
Tahapan Dalam Menjalankan Meeting
1. Buka dengan semangat dan kata kata positif
2. Sampaikan kesuksesan yang diraih tim atau anggota tim untuk
membuat mereka termotivasi.
Misalnya :sampaikan fokus dan tujuan tim minggu ini, sampaikan apa topik meeting kali ini, sampaikan apa benefitnya, sampaikan kaitan topik yg dibahas terhadap tujuan tim
Misalnya :sampaikan fokus dan tujuan tim minggu ini, sampaikan apa topik meeting kali ini, sampaikan apa benefitnya, sampaikan kaitan topik yg dibahas terhadap tujuan tim
3. Tuliskan topik yg dibahaa dlm flipchart atau white board.
4. Lakukan brainstorming
5. Tulis semua ide yg layak diimplementasikan maksimal 48 jam
6. Pilih ide ide yg paling layak yah.
7. Urut ide tersebut
berdasarkan tingkat urgensinya
8. Peserta meeting mempertegas komitmen peserta agar merealisasikan
hasil.meeting paling lambat 48 jam
9. Tutup meeting dengan motivasi positif
10. Hehehehee..seriusss sekali bacanya...tuhh keliatan dari
sini...dipelototin HP Nya sampe takutttt
Selanjutnya coba kita teropong 3 perilaku dalam
menjalankan komitmen. Tiga perilaku komitmen dalam menjalani hasil.meeting dan
briefing maksudnya adalah
Situasi pertama :
Apabila mereka mengerjakan dan berhasil..yg perlu
dilakukan oleh anda adalah..
1. Secara positif beri penguatan untuk peningkatan performa
berkelanjutan
2. Jadikan sebagai role model..proven best practice
Situasi kedua :
Apabika mereka mengerjakannya dan tidak berhasil
..yang perlu anda lakukan adalah :
1. Cari tahu tepatnya apakah mereka melakukan dgn benar
2. Beri Coaching sampai bisa menjalankan dgn benar
3. Jika mereka melakukan nya dengan CARA YG BENAR tetapi TIDAK
BERHASIL...atau tekniknya tidak berfungsi..HENTIKAN
Situasi ketiga
Apabila mereka tidak mengerjakannya...maka yg
perlu anda lakukan adalah...anda mesti menciptakan akuntabilitas dan
konsukuensi.
Hal yang perlu dihindari adalah : Hindari ketakutan
dalam melakukan Follow up.Satu dari masalah terbesar dari anda sebagai pimpinan
meeting. Karena tidak mau mengetahui karyawan mereka tidak mengerjakan
tugasnya. Kalau seringkali tidak dapat solusi juga, ada cara atau tips menarik
di antaranya adalah :
1. Buat ide program
2. Buat alasan program
3. Buat kendala yg akan muncul pada program tersebut
4. Buat solusinya
Didalam selembar kertas yang tinggal.kita
isi..jadi pembahasannya lengkap..ada program..ada alasan..ada kendala..ada
solusi sekalian. Mereka disuruh buat ide program, lalu alasan membuat, ide
program, alu kendala. lalu solusinya
Sehingga saat mereka menyampaikan ide program tersebut
sudah lengkap beserta analisa kendala dan solusinya. Jadi mereka tidak merasa
di kasih pe er.
Semoga Bermanfaat
Agung Tazka Educate
Training – Education - Inspiration