Header Ads

Begini Strategi Terapi Anak Kecanduan Gadget Pada Usia Remaja

Rawalumbu (13/01/24)-Muhammad Wildan atau yang biasa dipanggil Wildan adalah remaja kelas X SMK mengalami kondisi psikologis yang tidak baik-baik saja. Ia mengalami amarah yang tidak terkendali, penurunan rasa percaya diri, sulit bersosialisasi baik dengan orang tua dan teman-temannya.

Kejadian tersebut dialaminya sejak dimulainya belajar online akibat pandemi yang memaksanya belajar banyak menggunakan gadgetnya. Semenjak itu ia lebih asyik menggunakan gedgetnya dalam sehari-sehari dan mengurung diri di dalam kamar.

Semenjak ayahnya menelepon saya dan menceritakan dengan perubahan sifatnya yang sering marah-marah, ngambek, dan sulit diarahkan orang tuanya. 

Pada saat saya melakukan observasi sebelum diterapi, saya menyimpulkan bahwa yang dialami oleh Wildan tidak sepenuhnya kesalahan Wildan, namun ternyata akibat dari pola asuh kedua orang tuanya, apalagi semenjak kecanduan gadget tersebut. Hasil dari kesimpulan, orang tuanya lebih banyak menyalahkan Wildan, tanpa memperhatikan pola pengasuhan dan interaksi orang tuanya terhadap Wildan selama ini.

Maka dari itu pada terapi kali ini saya menyimpulkan bahwa perlu ada penanganan dua arah yaitu terapi kepada Wildan dan sesi pemahaman kepada ayah dan ibunya dalam menghadapi Wildan. Ternyata perubahan Wildan selama ini bukan saja dipengaruhi oleh kecanduan gadgetnya namun juga dipengaruhi oleh pola komunikasi dan interaksi kedua orang tuanya yang salah selama ini. Mengenai dampak kecanduan gadget saya sudah menjelaskan pada pembahasan artikel saya sebelumnya.

Dalam setiap terapi saya selalu menjadi fasilitator kedua belah pihak, dalam hal ini Wildan dan kedua orang tuanya. Setelah sesi terapi pada Wildan selesai maka saya lanjutkan sesi parenting kepada orang tuanya, kemudian endingnya adalah mempertemukan mereka pada sesi ketiga dengan sama-sama saling memahami kesalahan dan saling memperbaiki serta meminta maaf. [Agung]

Bagi orang tua yang ingin konsultasi dan terapi anaknya kecanduan gadget bisa hubungi nomor kontak 0856 9295 1488

Comments
0 Comments
Facebook Comments by comments

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.