Header Ads

Inilah Efektifitas “Accept-Utilize” Pada Eriksonian Hypnotherapy

 

Para pakar Hypnotherapy adalah fasilitator dalam membantu kesembuhan  klien yang mengalami gangguan psiologi atau mental. Mereka bukan Tuhan yang menjadi penentu kesembuhan bagi para penderita kejiwaan seperti cemas, traumatik, tidak PD, kecanduan HP, Insomnia, kasus pembullyan, kekerasan orang tua dan lain-lain. Justru factor kesembuhan pertama pada diri klien tersebut.


Beberapa kasus di atas memiliki penyebab yang berbeda, sehingga cara penanganannya pun berbeda. Cara penyembuhan Hypnotherapy konvensional biasanya lebih kepada penyembuhan satu arah, maksudnya adalah setiap klien yang mengalami gangguan psikologi atau mentalnya, maka cara penyembuhannya adalah dengan cara tertentu  sesuai konsep hypnotherapy tersebut.


Berbeda dengan model Eriksonian Hypnotherapy yang diciptakan oleh Milton H. Ericskson ( Lahir di Aurum Nevada, 06 Desember 1901 dan wafat 26 Maret 1980 Phoenix Arizona). Salah satu strategi Eriksonian Hypnotherapy adalah “ACCEPT-UTILIZE”, teknik ini adalah memanfaatkan apa yang terjadi pada klien dan memasukan apa yang terjadi pada klien namun sangat efektif membantu penyembuhan keluhan dari klien tersebut.


Berdasaran pengalaman saya selama delapan tahun menangani klien, hampir rata-rata saya menggunakan teknik tersebut. Sebagai contoh ada klien terkena pobia dengan ulat. Setelah saya coba identifikasi apa peyebabnya, kapan terjadinya, dan apa yang terjadi selama ini maka ternyata “ACCEPT-UTILIZE” sangat membantunya.


Katakanlah klien seorang ibu berinisial ND mengaku penyebab pobia dengan ulat karena lima tahun yang lalu  ada acara bersama keluarga besarnya, acara tersebut diadakan disebuah taman yang indah. Tanpa disengaja ia meminum segelas teh manis yang di dalamnya ada seekor ulat, sehingga ulat tersebut ikut tertelan, sontak ibu tersebut berusaha memuntahannya tapi ulatnya sudah masuk ke dalam perutnya. Dengan peristiwa ini ibu tersebut setiap melihat ulat, mendengar kata ulat tubuhnya gemetar, keluar keringan dingin dan mendadak nafsu makan dan minumnya hilang.


Setelah konsultasi dengan saya, maka  keterangan lengkap dari beliau saya dapatkan, maka saya akan meyakinkan kepadanya bahwa traumatik ulat akan hilang. Gembiranya bukan kepalang ibu tersebut. Namun ketika saya mengatakan sembuhnya harus dengan ulat juga, mendadak keringat dinginnya keluar dan gemetar. Namun setelah beberapa kali saya coba meyakinkan maka ibu tersebut pun siap mengikuti prosesnya.


Prosesnya saya gabungkan dengan teknik Accept-Utilize dan Regresi (mengulang kembali peristiwa masa lalu).  Maka saya pun buatkan ibu tersebut teh manis hangat yang saya letakan ulat di dalamnya. Setelah meminum kopi tersebut maka saya sugesti dengan “muntahan tehnya dengan ulatnya..ayo bu..pasti bisa..terus keluarkan ulatnya dan muntahkan tehnya selesaikan masalah ibu lima tahun lalu dengan ulat tersebut..”. Akhirnya ibu tersebut pun berhasil memuntahan dan mengeluarkan ulatnya. Dan setelah saya kasih seekor ulat di depannya Alhamdulillah sudah tidak pobia lagi.


Perlu diperhatikan bahwa teknik regresi adalah teknik menyelesaikan persoalan, masalah atau peristiwa masa  lalu yang belum selesai.
Bersambung…


Salam Eriksonian Hypnotherapy
Agung Tazka Educate

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.